JURUSAN ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL

KEUNGGULAN JURUSAN ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL Arus utama pembangunan nasional adalah bidang kesejahteraan social, hal ini dapat dicermati dengan diluncurkannya program-program kesejahteraan sosial dan berbagai produk perundang-undangan sosial seperti undang-undang sistem jaminan sosial, undang-undang kesejahteraan social no.11 tahun 2009 dan undang-undang peradilan anak, serta berbagai produk UU lainnya. Disisi lain pembangunan yang dilaksanakan selalu membawa dampak terjadinya masalah social yang menyertainya baik dalam skala mikro (individu), mezzo (keluarga/kelompok) dan makro (masyarakat).

Fenomena ini membutuhkan seorang ahli dibidang kesejahteraan social yaitu Pekerja Sosial yang professional dan berbagai kebijakan program dan produk undang-undang itu telah mengokohkan eksistensi profesi pekerjaan sosial sebagai profesi utama dalam pembangunan kesejahteraan sosial di Indonesia. Dengan selalu meng-up-date perkembangan dan kebutuhan stake-holder , Jurusan Imu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang siap mengantarkan para mahasiswa menjadi sarjana bergelar (S.Sos) di bidang Pekerjaan Sosial Profesional yang berkepribadian dan berakhlak mulia, dengan memiliki keunggulan : Pekerja Sosial Medis, Pekerjaan Sosial koreksional dengan keahlian menjadi advokat dalam pendampingan Anak dan Keluarga, bimbingan social di lembaga pemasyarakatan dan Pekerjaan Sosial Pengembangan Masyarakat (Community Development). Di samping itu, mahasiswa juga dibekali ilmu dan ketrampilan interpreneurship di bidang layanan sosial yang kini amat dibutuhkan untuk menangani masalah-masalah sosial modern.

JURUSAN ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL

Visi :

Menjadi Program Studi Yang Kompetitif Dan Profesional Dalam Pengembangan Ilmu Dan Praktik Kesejahteraan Sosial/Pekerjaan Social Berlandaskan Nilai-Nilai Ke-Islaman

Misi :

1. Menyelenggarakan Pendidikan Dan Pengajaran Bidang Kesejahteraan Sosial/ Pekerjaan Sosial Yang Memenuhi Standarisasi Pendidikan Pekerjaan Sosial Indonesia.

2. Melaksanakan Penelitian Dan Pengembangan Bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial/Pekerjaan Sosial Yang Berbasis Keragaman Dan Kearifan Lokal.

3. Melaksanakan Pengabdian Bidang Kesejahteraan Sosial/Pekerjaan Sosial.

4. Menyelenggarakan Kerjasama Dengan Berbagai Pihak Dalam Pengembangan    Keilmuan Dan Praktik Kesejahteraan Sosial/Pekerjaan Sosial.

Tujuan pembelajaran Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial adalah :

1. Menghasilkan Lulusan Yang Memiliki Kompetensi Dasar Ilmiah Dan Ketrampilan Praktis Kesejahteraan Sosial/Pekerjaan Sosial.

2. Menghasilkan Karya Ilmiah Yang Berkualitas Dan Bermanfaat Secara Akademis Maupun Praktis.

3. Menghasilkan Model-Model Pelayanan Sosial Yang Berbasis Keragaman Dan Kearifan Lokal.

4. Menghasilkan Lulusan Yang Memiliki Aksesbilitas Dan Akseptabilitas Terhadap Dunia Kerja.

Sasaran Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial antara lain :

1. Bidang Pengajaran: Melakukan pengembangan kemampuan akademik dan ketrampilan bidang kesejahteraan sosial kepada dosen, mahasiswa, alumni dan kelompok masyarakat lain yang berkompeten.

2. Bidang Penelitian : Melakukan analisa dan pengkajian terhadap fenomena perkembangan dinamika permasalahan sosial khususnya yang berkaitan dengan kebijakan sosial.

3. Bidang Pengabdian Masyarakat : Mengoptimalisasikan peran stakeholder yang mendukung usaha penguatan skill/kreatifitas personal dan institusional bidang pekerjaan sosial.

Orientasi Lulusan Prodi IKS FISIP UMM, memiliki keahlian sebagai :

• Medical of Social Work,

• Social Policy and Social Advocation,

• Community Development/Community Empowerment,

• Social Problem Analyst.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *